“Panji Amabar Pasir” di Omahkebon Guest House

Foto & desain: Ibed
Peraih Hibah Seni Kelola

Omahkebon Guest House
(Sebelah Selatan Rumah Whanny Darmawan
Nitiprayan RT 03, Jomegatan DK VII, Ngestiharjo,
Kasihan, Bantul, Yogyakarta)
Jumat & Sabtu, 29 & 30 November 2013, 20.00 WIB

Panji Amabar Pasir adalah sebuah pertunjukan teater tentang migrasi kebudayaan yang berangkat dari studi tentang keberadaan cerita Panji yang lahir dari ranah masa lalu budaya Jawa, kemudian berkembang ke seantero Asia Tenggara, dan hidup hingga kini. Namun bukan kisah Panji yang menjadi titik pusat lakon pertunjukan ini, melainkan narasi dari sisi sejarah dan gerakan budaya yang ditimbulkan oleh cerita Panji. Narasi ini kemudian dirajut bersama kisah tentang sebuah keluarga penari topeng Panji dari Jawa yang bertransmigrasi ke Kalimantan, dengan menjual tanah dan rumahnya yang belum rampung di Jawa.

Dari segi bentuk, pertunjukan ini merupakan mosaik dari berbagai pecahan peristiwa realis dan simbolis. Idiom pemanggungan merupakan hasil eksplorasi, adaptasi dan peminjaman dari berbagai laku keseharian petani Jawa, serta berbagai produk budaya yang lahir dari keberadaan cerita Panji.

Panji Amabar Pasir digelar dengan merespon ruang terbuka berupa bangunan guest house yang belum jadi beserta lingkungan sekitarnya, seperti sawah, kebun dan tempat pembuatan batu bata. Ruang-ruang ini bukan hanya direspon sebagai tempat pertunjukan, namun juga dikontekstualisasi sebagai teks, baik teks visual pertunjukan maupun teks peristiwa lakon. Tidak disediakan tempat khusus bagi penonton pertunjukan ini. Penonton dibebaskan memilih sudut pirsaannya, digiring untuk aktif bergerak dan terlibat dalam setiap peristiwa yang terjadi.

Untuk diperhatikan: Tidak dikenakan tiket masuk bagi penonton, namun penonton diharapkan menyawer secara suka rela. Karena musim hujan dan pertunjukan digelar di ruang terbuka, sebaiknya penonton sedia payung atau jas hujan.

Pelakon: Andika Ananda, Dayu Prismawati, Gandez I. Sholihah, Okta Firmansyah, Doni Agung Setiawan, Untung Pribadi, Sunantoro, Setiyoko, Yoni Legowo, Penata Artistik: Mochalmad Jibna, Pemusik: Bayu Slamet Man, Gigin Rajin Sholat, Pimpinan Produksi: Dina Triastuti, Penggagas Teks dan Sutradara: Ibed Surgana Yuga

Silakan klik gambar peta lokasi untuk memperbesar. Info: 0818 262 570.


Post-post terkait:
Related posts:
Pengantar Pertunjukan “Panji Amabar Pasir”
"Panji Amabar Pasir": Sebuah Catatan dari Ruang Singgah

0 komentar